SELAMAT DATANG DI BLOG MARTHA PUSPITA RIMA PUTRI ^_^ BLOG BERBAGI INFORMASI SEPUTAR ILMU PENGETAHUAN DAN DUNIA PENDIDIKAN :)

Thursday 13 October 2016

Definisi Keterampilan Membaca Menurut Para Ahli

1. Pengertian Keterampilan Membaca

     Menurut Dalman (2013:5), keterampilan membaca adalah suatu keterampilan dalam kegiatan yang berupaya untuk menemukan berbagai informasi yang terdapat dalam tulisan. 
      Menurut Klein, dkk dalam Rahim (2010:3), definisi membaca adalah mencakup (1) membaca merupakan proses; (2) membaca adalah strategis; dan (3) membaca merupakan interaktif. Membaca merupakan suatu proses dimaksudkan informasi dari teks dan pengetahuan yang dimiliki oleh pembaca.
   Menurut Daeng, dkk (2011:4), membaca dan menyimak merupakan aktivitas kunci kita mendapatkan dan menguasai informasi, semakin banyak informasi kita kuasai maka dengan banyak membaca berarti kita akan mengetahui dan menguasai informasi sehingga memudahkan kita atau siapa pun untuk mudah berbicara atau menulis.
       Farr dalam Dalman (2013:5), mengemukakan, “reading is the heart of education”, yang artinya membaca merupakan jantung pendidikan. Dalam hal ini, orang yang sering membaca, pendidikannya akan maju dan ia akan memiliki wawasan yang luas. Tentu saja hasil membacanya itu akan menjadi skemata baginya. Skemata ini adalah pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki oleh seseorang. Jadi semakin sering seseorang membaca, maka akan semakin maju pula pendidikannya. Hal ini yang melatarbelakangi banyak orang yang mengatakan bahwa membaca sama dengan membuka jendela dunia. Dengan membaca kita dapat mengetahui seisi dunia dan pola berpikir kita pun akan berkembang.
   Menurut Sadhono dan Slamet dalam Purnamasari (2014:12) keterampilan membaca adalah keterampilan mengenal dan memahami tulisan dalam bentuk urutan lambang-lambang grafis dan perubahannya menjadi wicara bermakna dalam bentuk pemahaman diam-diam atau pengujaran keras-keras. Kegiatan membaca dapat bersuara dan dapat pula tidak bersuara.
      Berdasarkan beberapa pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca adalah suatu keterampilan dalam mengenal dan memahami tulisan dalam bentuk huruf, kata dan kalimat dalam bacaannya guna memperoleh informasi yang terdapat dalam bacaan. Dengan membaca kita dapat mengetahui isi dunia dan pola berpikir kita menjadi berkembang, Hal ini pantas dikatakan bahwa membaca merupakan jantung pendidikan.

DAFTAR PUSTAKA


Daeng, dkk. 2011. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Raya Grafindo Persada.
Purnamasari, Santi. 2015. Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa Kelas II Melalui Metode Cooperativd Script Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Perwira V Bekasi Utara. Jurnal Skripsi. Bekasi: Universitas Islam 45 Bekasi.
Rahim, Farida. 2010. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.


0 comments:

Post a Comment

Love is...
© Rima Putri's Blog - Template by Blogger Sablonlari - Font by Fontspace